INFORMASI, SEMOGA BERMANFAAT

INFO BEASISWA KULIAH

Photobucket

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta klik Di SINI

LOmba 2011 : LOMBA KETANGKASAN – OLIMPIADE KEBUMIAN TINGKAT SMP JATENG DAN DIY 2011

Jumat, 14 Januari 2011 · Posted in

Pendahuluan
Bumi, air, tanah, serta kandungan alam yang terkandung di dalamnya merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan karenanya senantiasa terdapat hubungan emosional antara lingkungan dan manusia yang sudah ditakdirkan untuk terus mengolah berbagai potensi yang ada.
Pengelolaan sumber daya alam baik itu dalam skala nasional maupun global sangat memprihatinkan. Pada wacana-wacana sekilas tampak terjadi pemanfaatan dan pengelolaan terhadap suatu potensi sumber daya yang besar-besaran tetapi konsep lingkungan berkelanjutan diabaikan sehingga seolah-olah bumi dapat dikatakan sebagai penanggung dampak baik positif maupun negatif dari pemanfaatan sumberdaya lingkungan tersebut. Logika ini tentunya akan cenderung mengabaikan pengelolaan lingkungan hidup.
Dengan adanya pengelolaan alam beserta kandungan yang dimanfaatkan dapat menimbulkan perubahan karakteristik bentanglahan yang berbahaya bagi masyarakat sekitar sehingga perlu adanya pemberdayaan karakter bentanglahan yang akan dikelola supaya tepat guna dan dapat terus menghasilkan yang sesuai kaidah wawasan lingkungan berkelanjutan dimana terdapat upaya peningkatan ke arah lebih baik tanpa meninggalkan jejak besar hasil eksploitasi hasil bumi.
Kesalahan dari cara pandang atau konsep pemahaman manusia yang turut andil dalam krisis lingkungan sebagaimana lingkungan alam di bumi dengan kekayaan alam di bumi merupakan bagian yang terpisah sehingga dari hal tersebut jelaslah bahwa hampir setiap individu memiliki sifat eksploitatif dengan mengesampingkan kelestarian lingkungan.
Dalam pemecahan masalah yang ada, ilmu Geografi sebagai disiplin ilmu yang mempelajari tentang fenomena geosfer memiliki peran yang sangat penting. Dengan ruang lingkup studi yang mencakup kebumian dan interaksi manusia dengan lingkungannya serta aspek sosial yang ada di dalamnya, geografi diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan ruang hidup manusia dan lingkungan yang ada, terutama diharapkan dapat memberikan suatu kontribusi atas kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pemberdayaan karakter bentanglahan sehingga pembangunan berkelanjutan dapat dipertahankan dengan adanya upaya peningkatan ke arah lebih baik di dalamnya. Pentingnya Geografi dalam memberikan solusi terhadap penanganan permasalahan lingkungan yang bersinggungan terhadap pelaksanaan pengelolaan sumber daya alam tidak akan berarti jika geografi itu sendiri tidak dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat.
Fakultas Geografi UGM sebagai salah satu lembaga yang mencetak geograf-geograf handal melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Geografi (BEM-KM FGE) merasa perlu mengadakan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya para generasi muda terhadap peranan ilmu geografi khususnya dalam tata hubungan pemberdayaan karakter bentanglahan dengan penyelarasan lingkungan hidup manusia. Sehubungan dengan ini kami ingin memberi wadah kepada siswa-siswa SMP untuk berkompetisi dalam bidang Ilmu Geografi sebagai wahana dalam mencetak kader bangsa di masa depan yang memiliki kapasitas intelektual tinggi. Hal ini dalam usaha memfasilitasi tujuan tersebut, diadakan kegiatan berupa Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA 2011 dan Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian Tingkat SMP dengan tema “Kontribusi Geografi terhadap Upaya Mitigasi Bencana dan Pengelolaan Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”.
Tujuan Kegiatan
1. Menanamkan kesadaran mengenai peran penting ilmu geografi dalam tata hubungan antara pelaksanaan pengelolaan sumber daya alam dan penyelarasan lingkungan hidup manusia.
2. Memberikan pewacanaan bagi seluruh peserta pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, mengenai konsep geografi dalam memberi kontribusi terhadap pengambilan keputusan dan penanganan permasalahan lingkungan.
3. Meningkatkan daya saing kompetensi siswa, khususnya pada disiplin Ilmu Geografi.
4. Menjaring bibit-bibit unggul yang berkarakter kuat dengan visi dan misi kegeografian, sehingga memahami peran penting disiplin ilmu geografi dalam konteks kelingkungan.
5. Sebagai bentuk kepedulian mahasiswa geografi terhadap dunia pendidikan di Indonesia.
6. Sebagai referensi baru pembelajaran kurikulum mata pelajaran Geografi di tingkat SMP.
Waktu dan Tempat Kegiatan
3-4 Februari 2011
Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada
Yogyakarta
Sasaran Kegiatan
Pelajar yang masih duduk di bangku SMP dan sederajat pada tahun 2011 di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
Bentuk Kegiatan
Bentuk kegiatan dari Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA 2011 merupakan serangkaian kegiatan yang meliputi Tes Tertulis, Presentasi Essay, Pameran Geografi, Seminar Geografi, Outdoor Learning, dan Workshop Geografi. Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA ini dihadiri oleh kontingen dari sekolah-sekolah di Indonesia di mana setiap kontingen terdiri dari dua orang siswa dengan didampingi satu guru pendamping. Tiap sekolah maksimal dapat mengirimkan dua kontingen. Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA ini juga diramaikan dengan kegiatan Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian Tingkat SMP Jateng dan DIY. Penjelasan rangkaian kegiatan khususnya dalam kegiatan Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian Tingkat SMP 2011 adalah sebagai berikut :

Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian Tingkat SMP Jateng dan DIY.

Kegiatan Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian ini ditujukan untuk para siswa SMP di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian ini merupakan acara yang turut menyemarakkan Olimpiade Geografi Nasional Tingkat SMA yang bertujuan untuk memperkenalkan ilmu geografi ke siswa-siswi SMP dan juga sebagai sebuah tolok ukur seberapa jauh siswa-siswi tersebut menguasai ilmu geografi.
Rangkaian kegiatan lomba ini meliputi :
1. Tahap Pengumpulan dan Penilaian Essai
Essai dibuat oleh peserta sebelum pelaksanaan Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian Tingkat SMP. Essai tersebut mengacu pada tema yang diberikan oleh panitia. Adapun tema untuk essai adalah “Kontribusi Geografi terhadap Penanggulangan Bencana Alam maupun Bencana Kemanusiaan”. Peserta mendapatkan pengantar sistematika yang disertakan panitia pada undangan maupun publikasi yang disebarkan.
Tujuan tahap ini adalah untuk melihat tingkat pengetahuan dan pemahaman siswa-siswi tentang aspek-aspek ilmu geografi terutama dalam kaitannya dengan upaya mitigasi bencana dini berdasarkan karakter bentanglahan dalam konteks pembangunan berkelanjutan.
2. Ujian Tulis I
Ujian tulis berisikan soal multiple choice, pilihan alternatif, dan sebab-akibat dengan jumlah total soal 150 butir. Penjawaban soal ujian tulis ini dilaksanakan secara berkelompok. Tujuannya adalah untuk menguji wawasan kegeografian sekaligus memacu kompetensi kognitif siswa-siswi.
3. Ujian Tulis II
Rangkaian tahap ini merupakan ajang untuk melatih kreatifitas peserta dimana siswa-siswi diminta membuat suatu karya poster, menggunakan peta, serta membuat suatu karangan bertema geografi dengan topik tertentu, dan lain sebagainya dalam jangka waktu yang ditentukan.
4. Tahap presentasi essai
Tahapan ini adalah presentasi essai dari siswa-siswi yang dinyatakan lolos sebagai 10 besar. Penilaian lolos tidaknya peserta berdasarkan akumulasi dari penilaian essai, ujian tulis pertama, dan ujian tulis kedua. Essai yang digunakan adalah essai yang telah dikumpulkan oleh peserta pada saat pendaftaran. Tujuan tahap ini yaitu untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa-siswi terhadap essai yang dibuat dan menguji kemampuan afektif serta psikomotorik siswa-siswi dalam mempresentasikan essainya semenarik mungkin.
5. Tahap studi kasus
Pada tahap ini siswa-siswi dihadapkan pada sebuah kasus yang telah ditentukan oleh dewan juri. Peserta diberi waktu untuk menjawab pertanyaan dari juri. Tujuan tahap ini adalah untuk mengetahui tingkat pendalaman terhadap tema studi kasus yang diberikan panitia.

Hadiah

Lomba Ketangkasan – Olimpiade Kebumian Tingkat SMP Se-DIY dan Jawa Tengah 2011
Juara I : Trophy GUBERNUR Prov. DI Yogyakarta + Uang Pembinaan dan Medali Emas
Juara II : Trophy BUPATI SLEMAN DI Yogyakarta + Uang Pembinaan dan Medali Perak
Juara III : Trophy REKTOR Universitas Gadjah Mada + Uang Pembinaan dan Medali Perunggu
Pendaftaran Peserta
1. Pendaftaran dimulai tanggal 3 Januari 2011 sampai dengan 23 Januari 2011.
2. Tiap sekolah berhak mengirimkan delegasinya maksimal 2 (dua) kelompok yang terdiri dari masing-masing kelompok terdiri atas 2 (dua) orang siswa/siswi dan 1 (satu) guru pendamping yang di dalamnya terdapat 1 (satu) siswa sebagai ketua kelompok.
3. Syarat-syarat pendaftaran
a. Membayar uang pendaftaran
• Siswa pelajar SMP/sederajat : Rp 100.000,00 per tim
• Siswa pelajar SMA/sederajat: Rp 250.000,00 per tim
*Biaya pendaftaran sudah termasuk dengan guru pendamping.
Melalui No. Rekening : a.n. Mita Wahyunita Bank Mandiri KC Yogyakarta UGM (137-00-0716216-3) atau secara langsung di sekretariat Panitia Olimpiade Geografi Nasional 2011.
b. Uang pendaftaran dibayarkan maksimal pada saat technical meeting tanggal 27 Januari 2011.
c. Mengirimkan formulir dan fotokopi bukti pembayaran (slip) biaya pendaftaran. Formulir dapat di download di sini
d. Mengirimkan naskah essai dan materi presentasi essai, paling lambat diterima panitia tanggal 27 Januari 2011 (sewaktu technical meeting).
e. Berkas-berkas pendaftaran dapat dikirim ke :
• Bentuk softcopy melalui e-mail ke olgenas.2011@gmail.com.
• Hardcopy melalui pos dalam stofmap coklat ke alamat sekretariat panitia Olimpiade Geografi Nasional 2011 dengan tulisan “BEM KM” pada pojok kiri atas amplop.
• Dikirim melalui fax ke nomor fax Fakultas Geografi UGM.
• Datang secara langsung ke sekretariat panitia Olimpiade Geografi Nasional 2011
f. Khusus pendaftaran yang dikirimkan melalui pos diterima panitia paling lambat tanggal 16 Januari 2011(cap pos).
4. Mohon untuk memperhatikan kebenaran penulisan nama sekolah, nama, gelar.
5. Pergantian peserta dan atau guru pendamping wajib menghubungi Panitia maksimal dua hari sebelum technical meeting atau maksimal tanggal 25 Januari 2011.
6. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik setelah dibayarkan.
7. Peserta yang mendaftarkan diri tapi tidak mengikuti alur kegiatan atau mengundurkan diri berhak memperoleh fasilitas kecuali sertifikat keikutsertaan.
Technical Meeting
1. Dilakukan pada tanggal 27 Januari 2011 bertempat di Fakultas Geografi UGM.
2. Technical Meeting wajib diikuti oleh satu dan atau dua perwakilan dari masing-masing sekolah yang mengirimkan timnya.
3. Hadir maupun tidaknya perwakilan sekolah dalam technical meeting ini wajib memberitahukan pihak Panitia.
4. Bagi peserta yang sekiranya tidak bisa hadir wajib memberitahukan Panitia terlebih dahulu paling lambat dua hari sebelum technical meeting dilaksanakan dengan alasan yang jelas.
5. Bagi perwakilan sekolah yang berhalangan hadir, hasil technical meeting akan disampaikan melalui e-mail/fax/telepon/alamat masing-masing sekolah.
6. Keterangan yang lebih jelas mengenai sistematika perlombaan dan penjurian serta teknis pelaksanaan akan dijelaskan secara lebih lengkap pada saat technical meeting.
Download Formulir Pendaftaran di sini
Download undangan di sini
Download Gambaran Umum Acara dan Lampiran Kegiatan SMP sini
Download poster di sini

Sumber : http://azraadzkia.wordpress.com/2011/01/11/lomba-ketangkasan-%E2%80%93-olimpiade-kebumian-tingkat-smp-jateng-dan-diy-2011/

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Archive