INFORMASI, SEMOGA BERMANFAAT

INFO BEASISWA KULIAH

Photobucket

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta klik Di SINI

Lomba foto 2013 : Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013, "Indonesia di Hatiku"

Rabu, 19 Juni 2013 · Posted in ,

AKARTA, suaramerdeka.com -Memgusung tema "Indonesia Di Hatiku," Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali menggelar Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013. Jika pada 2010 terdapat 459 foto yang diterima panitia, pada tahun lalu terdapat 12.808 karya foto.
Tahun ini, sebagaimana dikatakan Menparekraf Mari Elka Pangestu diharapkan karya foto yang diterima panitia melibihi angka tahun tahun lalu. Sebab, dari 11 Mei hingga 4 Juni 2013 telah masuk 2.535 karya foto, atau rata-rata 106 per hari. Provinsi yang paling banyak mengirim karya foto dari Jabar (138) dan Jatim (115).
Dengan hadiah total Rp 282,5 atau Rp 30 juta untuk kategori Pelajar, Rp 40 juta untuk kategori mahasiswa, dan Rp 50 juta untuk kategori umum, serta piala dan piagam dari Presiden RI, "Diharapkan  makin banyak peminatnya, karena sampai hari ini masih 4000-an foto yang kami terima atau under target" ujar Mari di Jakarta, Selasa (18/6).
Batas akhir pengumpulan karya akan selesai pada 18 Juli, mendatang. Penjurian akan dilakukan pada 25 Juli 2013. Sedangkan pengumuman pemenang dilakukan pada 17 Agustus 2013. Para pemenang mendapatkan kesempatan bersilaturahmi dengan Presiden RI pada 18 Agustus. Peserta dapat mengirimkan karya via laman Fotografiindonesia.net, atauFacebook.com/Indonesiafotografi dan @fotografi_Ind#LFI2013.
Lomba ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, umum. Warga Negara Indonesia. Setiap peserta hanya bisa mengikuti lomba dengan memilih satu kategori saja dari daftar yang telah ditentukan dengan verifikasi data lomba melalui alamat email yang digunakan.
Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri (dua tahun terakhir, yang akan dibuktikan dari data exif file foto), belum pernah dipublikasikan di media cetak skala nasional, dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi apapun. Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto dari pemotretan menggunakan kamera digital.
Peserta diberikan kebebasan dalam memilih objek fotografi yang dimiliki daerahnya masing-masing (sesuai identitas diri) meliputi kategori (objek): alam,ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya.
Obyek foto harus diambil dari domisili sesuai provinsi peserta. Gambar dari provinsi lain (bukan domisili peserta) tidak dapat diikutsertakan dalam penilaian. (akan dilakukan verifikasi setelah peserta terpilih sebagai nominator).
Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta seperti: kategori lomba, nama fotografer, judul foto, alamat, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri yaitu kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) Hak cipta melekat pada fotografer, namun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diberikan hak/ijin untuk memublikasikan foto yang masuk nominasi (semifinalis) untuk kepentingan non-komersial dalam lingkup kegiatan lomba foto ini. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ke-3, bila foto digunakan untuk keperluan tersebut.
Seluruh karya yang masuk ke Pantia akan diseleksi oleh Dewan Juri, untuk mendapatkan 30 nominator, yang terdiri dari; a. 10 foto kategori  pelajar, b. 10 foto kategori mahasiswa, c. 10 foto kategori umum, d. Dan memilih 180 karya untuk dipamerkan (60 pelajar, 60 mahasiswa, dan 60 umum).
Nama nominator akan diumumkan melalui laman fotografiindonesia.net pada tanggal 29 Juli 2013. Seluruh karya foto yang telah diunggah peserta dapat dilihat setelah tanggal penutupan lomba di laman fotografiindonesia.net 30 Nominator akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop fotografi pada tanggal 16-18 Agustus 2013. Panitia akan menanggung biaya transportasi peserta (dari daerah asal ke Jakarta P.P.)  transportasi lokal, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti workshop fotografi.
Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 7 buah karya foto dalam format digital (JPEG). Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, dan saturasi warna) tanpa merubah keaslian objek. Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto (composite dan montage) dan menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto.
Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia. Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
Sebelum dikirim, foto harus diperkecil (resize) dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel, disimpan dalam format JPG skala 6. Besar file foto maksimal 1 MB. Apabila melewati batas maksimal, foto akan otomatis ditolak oleh sistem. Mengisi form data peserta dengan lengkap dan mengunggah foto yang akan dilombakan. No tlp/HP wajib diisi untuk konfirmasi dan verifikasi finalis.
Juri Lomba adalah Arbain Rambey (Fotografer Senior Harian KOMPAS), Agatha Anne Bunanta (Fotografer, Juri Internasional), Oscar Motuloh (Galeri Foto Jurnalistik Antara), Reynold Sumayku (Editor Foto Majalah National Geographic Indonesia) dan Ve Dhanito (Fotografer Konseptual).

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.