INFORMASI, SEMOGA BERMANFAAT

INFO BEASISWA KULIAH

Photobucket

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta klik Di SINI

Lomba Balap Mobil Listrik

Yogyakarta - Teknologi mobil listrik masih tergolong mahal, tetapi bukan jadi alasan untuk menyerah melahirkan mobil listrik. Hal ini yang coba dirangsang Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan menggelar lomba balap mobil.

Lomba bertajuk Indonesia Electrical Vehicle Competition (IEVC) 2013 akan digelar pada 7-9 Juni 2013, di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.

"Ajang ini hanya untuk mahasiswa D3 dan S1. Kami tidak memberikan batasan seberapa banyak mahasiswa mengirimkan kendaraan listrik mereka. Tapi pertama-tama kami akan melakukan seleksi awal, seperti seleksi desain," kata Ketua Panitia IEVC, Benjamin Bima, saat dihubungi detikOto.

Namun Bima menekankan kepada setiap tim hanya diperbolehkan untuk membawa satu mobil saja. "Asalkan satu tim satu mobil, jadi satu universitas itu boleh membawa lebih dari satu tim," tambahnya.

Untuk mengikuti perlombaan mobil listrik ala mahasiswa kali ini, terbilang mudah. Hanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Dan berikut persyaratan dan 2 jenis perlombaan yang diperlombakan.

"Jadi ada dua ajang yang akan kami perlombakan. Pertama, lomba Time Attack. Dimana satu mobil harus memutari sirkuit, dan diambil waktu paling cepat. Kami juga akan memberikan rangking berdasarkan mobil tercepat. Setelah itu baru masuk sistem point, dimana juara satu akan dapet point 1.600, juara 2 1.500, dan akan terus berkurang 100 point untuk posisi selanjutnya," katanya.

Setelah time attack ada lomba drag race, dimana satu lintasan terdapat 2 mobil listrik yang berlomba.

"Dan ini sistem yang dipakai sistem eliminasi. Dan juara satu kembali akan mendapatkan point 1.600, dan kalau ada yang sampai semi final juga akan mendapatkan poin. Dan baru hasil kedua perlombaan ini diakumulasi dan kita akan menemukan sang juaranya,"ucap Bim



Pendaftaran lanjut Bima dimulai pada 8 Oktober hingga 15 November 2012. Mobil listrik yang akan mengikuti lomba harus memiliki spesifikasi baterai maksimal 48 Volt, 220 ampere.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Archive