INFORMASI, SEMOGA BERMANFAAT

INFO BEASISWA KULIAH

Photobucket
Photobucket

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta

Lomba Menulis Berhadiah 15 Juta klik Di SINI

LOMBA APLIKASI GAME 2012

LOMBA APLIKASI GAME
DESKRIPSI:
Lomba Aplikasi Game adalah adu ide dan kreativitas siswa SMA/SMK tingkat nasional. Peserta  dituntut mebuat perangkat lunak dalam bentuk permainan simulasi (simulation game) sesuai dengan tema yang ditentukan. Proses pembuatan perangkat lunak permainan ini dapat menggunakan aplikasi yang dikuasai oleh peserta. Seperti permainan yang berjenis : Arcade, RPG, Simulasi,Adventure,Sports,Puzzle,Platform,Casual dan sebagainnya(tidak diperbolehkan mengandung unsur kekerasan/pornografi).
Tujuan dari lomba pengembangan permainan ini adalah :
      1.Menanamkan edukasi dalam bentuk permainan simulasi yang siap dipublikasikan kepada masyarakat luas.
      2.Mendukung program mencerdaskan kehidupan bangsa
      3.Memajukan teknologi permainan di Indonesia.
      4.Menjadikan Indonesia sebagai game developer berskala Internasional.

PERSYARATAN PESERTA :
1. Peserta adalah tim lomba yang merupakan sekelompok siswa tingkat SMA sederajat se-Indonesia.
2. Jumlah anggota tim terdiri dari maksimal 3 orang siswa.
3. Pendaftaran dibuka tanggal 10 Mei - 3 Oktober 2012.
4. Jumlah peserta

  • Pendaftar (online) : Tidak terbatas
  • Final                    : 6 Tim
5. Apabila ada update informasi akan disampaikan lebih lanjut di web apsifest.
PENDAFTARAN
1. Mengisi formulir pendaftaran / registrasi yang ada pada web apsifest.ittelkom.ac.id selengkap mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,- yang ditransfer melalui rekening Bank Mandiri 131-0092021338 a.n Institut Teknologi Telkom
3. Mencantumkan/mengupload file.rar yang berisi item-item pelengkap dibawah ini :
   a) Foto berwarna terbaru ukuran 3 cm x 4 cm (1 buah, Maks. 70 kb)
   b) Scan kartu identitas masing-masing peserta/Kartu Pelajar  (Maks. 70 kb)
   c) Scan bukti pembayaran/transfer rekening asli (Maks. 100 kb)
   d) Scan surat keterangan berstatus pelajar pada sekolah terkait, lengkap dengan acc (tanda tangan dan cap) dari sekolah (Maks 100 kb)
Catatan: berkas asli untuk poin c dan d dibawa ketika registrasi ulang, poin b boleh fotocopy, semua item dijadikan satu setiap Tim. Diupload pada kolom 'upload ID'
4. Untuk proyek karya dan proposal dibuat dalam satu arsip .rar (cara penggunaan karya terlampir di proposal) dan kemudian di kirim bersamaan dalam 1 file dengan nama file aplikasigame_namatim_judulkarya_apsifest2012 dan subjek aplikasigame_namatim_judulkarya dikirim ke email apsifest.game@gmail.com
catatan :
Apabila file karya dan proposal melebihi kapasitas email, maka sebaiknya di unggah menggunakan password ke media unggah yang ada di internet (contooh : mediafire, dropbox, 4shared, dsb). Kemudian link unggah dan pasword di kirim bersamaan dalam 1 file. File ini sama dengan file di point 4 diatas.
5. Sebelum dan setelah melakukan registrasi on line peserta wajib melakukan konfirmasi ke salah satu Contact Person Lomba Aplikasi Game untuk mendapat informasi lebih lanjut.

PERSYATATAN KARYA YANG AKAN DILOMBAKAN :
  • Karya perangkat lunak harus berbentuk aplikasi permainan simulasi(simulasi game). Simulasi yang dibuat lebih disarankan sesuai kenyataan, disiplin ilmu atau peraturan yang ada.
  • Perangkat lunak yang dikembangkan adalah perangkat lunak desktop,mobile, atau web, yang dapat berjalan pada platform yang disebutkan dalam proposal.
  • Karya perangkat lunak tidak mengandung unsur SARA, kekerasan dan pornografi. Jika terbukti, panitia berhak mendiskualifikasi tim bersangkutan.
  • Karya permainan yang dikembangkan adalah asli dari peserta atau salah satu peserta. Seluruh proses pembangunan permainan, dari pembangunan proposal hingga final dilakukan oleh peserta dibuktikan dengan presentasi saat final, serta surat pernyataan keaslian ide dan hasil. Jika dikemudian hari ada pihak yang menuntut atas ide permainan yang dilombakan, maka hak juara (jika berhasil menjadi juara) akan dicabut oleh panitia, peserta/institusi pemenang wajib mengembalikan hadiah, trofi, dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.
  • Karya perangkat lunak yang diikutsertakan dalam lomba ini belum pernah memenangkan kejuaraan (juara I,II, atau III) pada lomba sejenis di tingkat nasional dan/atau internasional. Peserta diwajibkan mengisi surat pernyataan atas syarat ini, dan apabila di kemudian hari ditemukan perangkat lunak yang diikutsertakan tidak memnuhi persyaratan ini, maka hak juara (jika berhasil menjadi juara) akan dicabut oleh panitia, peserta/institusi pemenang wajib mengembalikan hadiah, trofi, dan sertifikat yang diberikan oleh panitia.

PERSYARATAN PENDAFTARAN LOMBA :
1.Pengiriman Proposal 
  • Pengiriman proposal dan data peserta meliputi nama tim, asal sekolah, data 1 ketua tim, 2 orang anggota, dan 1 orang guru pembimbing yang dilakukan pada tanggal 7 mei - 3 oktober 2012 dengan dikirimkan melalui email apsifest2012_Aplikasi.Game@gmail.com. Format proposal dapat didownload di web apsifest.ittelkom.ac.id
  • Proposal yang dikirmkan harus mencantumkan poin :
       1.Nama perangkat lunak/game yang dibangun.
       2.Nama dan anggota kelompok, serta asal sekolah
       3.Abstrak
       4.Sekenario dan Tujuan
       5.Target pengguna meliputi: jenis kelamin,usia,pendidikan dan aspek lain.
       6.Deskripsi teknologi yang digunakan,(bahasa pemrograman,game engine,sistem operasi,teknologi jaringan dan ebagainya).
       7.Game Play, cara pemakaian dan rancangan level.
2.Pengiriman Prototype
prototype di emailkan beserta proposal melalui apsifest.game@gmail.com antara tanggal 10 Mei - 3 Oktober 2012 dengan mencantumkan :
  • Berkas instalasi dan berkas dependensi yang disatukan ke ZIP/.rar dengan format   aplikasigame_namatim_judulkarya_apsifest2012
  • Installer game atau file executable yang siap dijalankan.
  • Petunjuk Instalasi, dan petunjuk pemakaiannya.
  • Disertakan video demo/trailer dari hasil running game, yang diunggah di sarana jejaring video(contoh: youtube, dsb) dengan menyertakan link download pada saat mendaftar.
 
KRITERIA PENILAIAN :
  • Tahap penilaian dan pengumuman keaslian dan kelayakan ide proposal yang      terdapat dalam SOFTCOPY di  .RAR yang diupload antara lain: 
          1.Keaslian ide
          2.Kejelasan aturan permainan/game play, desain dan skenario.
          3.Tingkat keterkaitan karya dengan tema yang ditentukan.
  • Tahap penilitian prototype :
           1.Kesesuaian proposal dan prototype.
           2.Runnable game.
           3.Screenshot dan video trailer.
           4.Kelengkapan data.
  • Tahap penilaian final :
Presentasi karya oleh tim di hadapan juri.
  1. Keaslian ide skenario sesuai dengan proposal.
  2. Tingkat kemudahan: mudah dijalankan/instalasi,mudah digunakan, dan  mudah dimengerti.
  3. Tingkat kemenarikan: musik/sound effect , grafis, 3D
  4. Tingkat tantangan permainan : level design, multiplayer
      
PELAKSANAAN :

Hari/Tanggal          : 14 Oktober 2012 (Final)
Tempat                : Kawasan kampus IT Telkom


TECHNICAL MEETING :
Technical meeting akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal     : Sabtu, 13 Oktober 2012
Jam                 : Menyususl
Tempat           : Menyusul

Hadiah 
Juara 1 : Trophy + sertifikat + Uang tunai sebesar Rp. 3.000.000,-
Juara 2 : Trophy + sertifikat + Uang tunai sebesar Rp. 2.000.000,-
Juara 3 : Trophy + sertifikat + Uang tunai sebesar Rp. 1.000.000,-
Juara Harapan 1 : Trophy + sertifikat + Uang tunai sebesar Rp. 600.000,-
Juara Harapan 2 : Trophy + sertifikat + Uang tunai sebesar Rp. 400.000,-
Juara Harapan 3 : Trophy + sertifikat + Uang tunai sebesar Rp. 250.000,-

 Biaya Pendaftaran :
Rp.150.000,-/tim
Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui transfer dengan nomor rekening Bank Mandiri 131-0092021338 a/n Institut Teknologi Telkom.

Babak Final :
      1.Tim peserta yang lolos ke babak final akan diundang untuk melakukan presentasi pleno.
      2.Gran final akan diadakan di Institut Teknologi Telkom Bandung
      3.Tim peserta melakukan presentasi dihadapan juri sebanyak 3 orang.
      4.Grand final akan menghasilkan pemenang juara I,II,III, harapan I,harapan II, dan harapan III yang akan mendapatkan hadiah utama.

TANGGAL PENTING :
Tahap Lomba Waktu
Pendaftaran Online 10 Mei  – 3 Oktober 2012
Pengiriman Proposal dan Prototype 10 Mei  – 3 Oktober 2012
Pengumuman Finalis (Top 6) 05 Oktober 2012
Validasi Kehadiran Final 5-10 Oktober 2012
Babak Final 13 Oktober 2012

Keterangan lain :
Game Engine      : bebas
Jenis Game         : arcade, RPG,Simulasi, Adventure,Sports, Puzzle, Platform,  Casual(kecuali Fighting)
Tema                 : Fun Game
Presentasi           : 1 tim @ 45 menit

PENGUMUMAN BAGI YANG LOLOS KE BABAK FINAL :
Bagi peserta yang lolos harap menyerahkan berkas yang berisi :
  1. Surat keterangan keaslian karya yang ditandatangani oleh pihak sekolah dan pihak peserta di atas materai 600 dan surat keterangan siswa bersangkutan
  2. Bahan presentasi saat babak final (dalam bentuk powerpoint ataupun media presentasi lainnya)
  3. Biodata lengkap peserta dan pembimbing berserta kartu identitas siswa yang masih berlaku pada saat mengikuti final dan nomor rekening perwaikilan peserta (untuk kepentingan penyerahan hadiah). 
  4. Surat keterangan konfirmasi kehadiran saat babak final di kampus IT Telkom Bandung
  5. Semua berkas pada poin 1-4 harap di scan dan dikirim email apsifest.game@gmail.com dengan subject FINALGAME_namatim_judulgame.
*) Biodata lengkap peserta dan pembimbing beserta kartu identitas peserta/siswa yang masih berlaku pada saat mengikuti final dan nomor rekening perwakilan peserta (untuk kepentingan penyerahan hadiah).
Bagi yang tidak memenuhi persyaratan diatas maka dianggap gugur, palaing lambat pengiriman tanggal 10 Oktober 2012.
Dokumen asli pada poin 1-4 harap dibawa pada saat presentasi pleno pada tanggal 13 Oktober 2012
CONTACT PERSON
1.    Monique   08999033786
2.    Luthfi        085624714588
3.    Dimas       085648033033

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Archive